STASIUN BESAR CIKAMPEK


Asalamulaikum warahmatulahi wabarakatuh.
kali ini saya menyambangi stasiun Cikampek yang berada di Cikampek, kecamatan Cikampek, kabupaten  Karawang Jawa Barat. Stasiun Cikampek termasuk ke dalam stasiun kelas besar type B. Pasti dari beberapa rekan-rekan bingung hal apa saja yang mengelompokan kelas stasiun. Untuk pengelompokan stasiun dilihat dari beberapa aspek diantaranya adalah :
- Lengkapnya fasilitas stasiun secara keseluruhan.
- Peralatan penunjang untuk operasional perjalanan kereta api.
- Banyanya jalur rel yang masih aktif. dll.
Stasiun yang berada di ketinggian +46 meter diatas permukaan laut ini termasuk ke dalam daerah operasional 1 Jakarta. Stasiun Cikampek juga merupakan stasiun terbesar di kabupaten Karawang dan juga stasiun paling timur di daerah operasional 1 Jakarta. ke sebelah selatan berbatasan dengan DAOP 2 BANDUNG dan ke arah timur berbatasan dengan DAOP 3 CIREBON. Stasiun yang di bangun oleh perusahaan kereta api negara Hindia-Belanda yang bernama Staatsspoorwegen (SS) sekitar tahun 1900-an ini memiliki 8 buah jalur kereta. Jalur 3 dan jalur 4 merupakan sepur lurus, dan bangunan utama stasiun berada di jalur 3 dan 4. Stasiun Cikampek berada di km 84+007 dilintas Jakarta-Jatinegara-Cikampek. Per November 2019 ada beberapa kereta api yang berhenti di stasiun Cikampek ini, diantaranya :
- KA Argo Parahyangan
- KA Argo Cheribon
- KA Harina
- KA Ciremai
- KA Singasari
- KA Purwosari
- KA Jayabaya
- KA Jaka Tingkir
- KA Tegal Ekspres
- KA Serayu
- KA Lokal PWK
**Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah
Untuk lebih jelasnya silhkan kunjungi situs resmi PT.KAI atau situs-situs lainnya.
Dari segi arsitektur stasiun Cikampek mengusung gaya Art Deco yang memang populer dimasa itu. Tetapi, saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa stasiun Cikampek dulunya hanya sebuah halte bukan stasiun besar seperti sekarang. Karena pembangunan jalur kereta Karawang Purwakarta segmen pertama hanya sampai stasiun Purwakrta, maka stasiun Purwakarta lah yang lebih besar. Namun setelah perusahaan kereta api Staasspoorwegen (SS) mulai membangun jalur Cikampek-Cirebon, maka stasiun Cikampek pun di perbesar dengan menambah bangunan, dan menambahkan beberapa jalur rel mengingat stasiun Cikampek menjadi stasiun percabangan. Bahkan di pasang pula kanopi yang besar, sehingga menutupi beberapa jalur rel dan bangunan utama. Selain itu, di bangun juga sebuah turn table/meja putar dan tandon air disebelah selatan. Di sebelah timur dan barat juga di bangun menara pengontrol (rumah sinyal) mengingat stasiun Cikampek memiliki banyak jalr rel dan wesel. Sehingga petugas bisa mengontrol arah jalur yang akan di lewati kereta mengingat jaman dulu hanya menggunakan peralatan manual.

No comments:

Post a Comment

STASIUN DAYEUHKOLOT di kabupaten Bandung riwayatmu kini

Hallo teman-teman semua, kali ini saya akan sedikit membahas mengenai bekas stasiun kereta api Dayeuhkolot. Stasiun Dayeuhkolot ( DYK) ini b...