Jembatan Kereta api Linggar Sari Sisa Kejayaan Jalur Tram Karawang - Wadas

      Seratus tahun lebih tiang beton berdiri kokoh di atas sungai di daerah Linggarsari kabupaten Karawang. Jembatan yang di bangun di masa pemerintahan belanda di bawah perintah perusahaan kereta api negara Staatsspoorweg en tramwegen kini sangat memprihatinkan. Jembatan ini berada  di jalur tram Karawang segmen Lamaran - Wadas. Saksi bisu kejayaan moda transportasi tram di daerah Karawang yang seharusnya menjadi fakta sejarah kini sudah mulai musnah. Bahkan salah satu pilar jembatan sudah ambruk di terjang air sungai ketika meluap. Sejak di non aktifkannya jalur tram seputar Karawang, jembatan inipun ikut menjadi korban ketidak perdulian terhadap aset sejarah dan cagar budaya. Tidak sedikit anak - anak di jaman sekarang tidak mengetahui jika dulu pernah ada jalur tram di Karawang. Pemerintah Belanda tidak main main dalam membangun sarana perkereta apian di masa itu. Tiang yang kokoh, menjadi saksi keseriusan pemerintah dalam membangun infrastruktur.
Bagi para blusuker yang  ingin melihat sisa peninggalan tram Karawang letaknya ada di koordinat ini -6.294864,107.430071 .
Salam Blusukers

No comments:

Post a Comment

STASIUN DAYEUHKOLOT di kabupaten Bandung riwayatmu kini

Hallo teman-teman semua, kali ini saya akan sedikit membahas mengenai bekas stasiun kereta api Dayeuhkolot. Stasiun Dayeuhkolot ( DYK) ini b...