Halte Kereta Api Rawa Gempol Di Jalur Tram Cikampek - Wadas

Sisi selatan dan bekas kamar kecil

       Halte Rawa Gempol (RWG) merupakan halte yang terletak di jalur tram Karawang segmen Cikampek - Wadas. Halte ini berada di km 8+445 dari stasiun Cikampek tram. Halte ini berada di kampung Pelem kabupaten Karawang.  Halte ini di bangun pada masa kolonial Belanda di bawah perintah perusahaan kereta api negara ( Staatsspoorwegen ) sebagai penunjang prasarana tram. Halte ini di bangun antara tahun 1911 dan 1912. Setelah jalur tram ini di non aktifkan di era 80'an, secara otomatis halte ini pun ikut non aktif. Halte Rawa Gempol merupakan halte yang di bangun secara permanen dengan struktur bangunan menggunakan tembok. Beda dengan halte - halte lainnya yang merupakan bangunan semi permanen menggunakan kayu sehingga mudah di bongkar. Halte Rawa Gempol juga merupakan halte yang istimewa, disini terdapat loket untuk membeli tiket, berbeda dengan halte - halte lainnya. Bangunanya kecil, hanya memiliki dua buah ruangan. Yaitu, ruangan loket dan ruangan WC umum.
Sisi timur dan loket sebelah utara

     Halte yang masih berbentuk bangunan aslinya ini tidak di alihfungsikan oleh warga. Namun, ada penambahan bangunan sedikit di sebelah barat sebagai pos kamling. Kerusakan yang terlihat di stasiun ini berada di bagian atapnya. Sedagkan, untuk bagian lain cenderung masih untuh. Bekas jalur tram nya sendiri berada di sebelah barat halte yang kini menjadi jalan raya. Sedangkan, haltenya sendiri menghadap ke sebelah utara. 
Sisi barat bekas jalur rel

      Untuk rekan - rekan yang ingin blusukan menyambangi bekas halte bersejarah ini, silahkan cari pada google maps dengan titik koordinat -6.344807,107.433175  .
Salam blusuker

No comments:

Post a Comment

STASIUN DAYEUHKOLOT di kabupaten Bandung riwayatmu kini

Hallo teman-teman semua, kali ini saya akan sedikit membahas mengenai bekas stasiun kereta api Dayeuhkolot. Stasiun Dayeuhkolot ( DYK) ini b...